Sekolah Adiwiyata adalah Sekolah
yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang hijau.
Dengan
adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar
dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi
kesehatan tubuh kita.
Arti Adiwiyata
ADIWIYATA
berasal dari 2 kata Sansekerta yaitu ADI dan WIYATA.
Adi mempunyai arti yaitu Besar, Agung,
Baik, Ideal atau Sempurna.
Sedangkan, Wiyata mempunyai arti tempat seseorang
mendapatkan Ilmu pengetahuan, norma dan etika.
ADIWIYATA
artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah yang dimana tempat itu
digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika.
Tujuan Adiwiyata
Tujuan Umum
Membentuk
Sekolah peduli dan berbudaya Lingkungan yang mampu Berpartisipasi dan
Melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan Berkelanjutan bagi
kepentingan Generasi sekarang maupun Generasi Masa Depan
Tujuan Khusus
Mewujudkan warga sekolah yang
bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui
tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
Prinsip-prinsip
Dasar Program Adiwiyata
1. Partisipatif
Komunitas sekolah terlibat dalam manjemen yang meliputi
keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
sesuai tanggung jawab dan peran.
2. Berkelanjutan
Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus
menerus secara komprehensif.
Komponen
Adiwiyata
Untuk mencapai tujuan Adiwiyata ada empat komponen program
yang merupakan satu kesatuan yang utuh, yaitu :
1. Kebijakan
Berwawasan
2. Pelaksanaan
Kurikulum Berbasis Lingkungan
3. Kegiatan
Lingkungan Berbasis Partisipasif
4.
Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah
Lingkungan
Keuntungan Program Adiwiyata
1. Mendukung pencapaian Standar Kompetensi/
kompetensi dasar dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Dasar dan Menengah.
2. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional
sekolah melalui
penghematan
dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar
mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
4. Menjadikan tempat pembelajaran nilai-nilai
pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga
sekolah dan masyarakat sekitar.
5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan
lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian
kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar