Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 05 Juli 2013

Cara Pembuatan Kompos

Proses Komposting

       Cara pembuatan pupuk yang ramah lingkungan yaitu pupuk kompos yang berasal dari sampah tanaman dan sampah rumah tangga. Karena sampah tanaman dan sampah rumah tangga kalau di biarkan akan menimbulkan penyakit, maka sampah tersebut akan di jadikan Pupuk Kompos yang tadinya sampah sekarang jadi pupuk.
 Caranya  :
1. Sampah-sampah yang sudah dipilah di masukkan pada mesin pencacah
Gambar 1 : Pencacahan Secara Manual Menggunakan Pisau.                  Gambar 2 : Mesin Pencacah Sampah di SMP kami.                                                                                                                           
2. Sampah yang sudah di cacah digelar di plastik lebar lalu diberi bakteri pengurai (Biosan) dengan

menggunakan gembor.1 tutup bakteri pengurai dicampur dengan 1 timba air leri (air beras).
3. Masukkan pada Tong Komposter yang pertama ,yaitu Proses Awal selama 5 hari di bolak balik, untuk perpindahan ke tong ke 2 (Dalam Proses) dan tong ke 3 (Pematangan) yang dilakukan selama 31 hari dan juga selama 5 hari di bolak balik.
3 Tong Komposter (Proses awal, Dalam Proses, Proses Pematangan)

Karena sampah yang di hasilkan di Sekolah kami cukup banyak , maka sebagian besar proses pematangan kami tempatkan di bak besar yg terbuat dari tembok dengan ukuran : Lebar 1 m, Tinggi 1,5 m, dan Panjang 3 m yang ditempatkan di dalam Rumah Kompos (Griya Larahan). 

Rumah Kompos / Griya Larahan
Untuk mempercepat proses pematangan yang ada pada bak tersebut. Maka kami gunakan Air Leri & Cacing Tanah. Pemberian air leri dilakukan 2 kali ,yaitu pada bulan pertama & bulan ke 4, sedangkan bulan ke 5 sudah dapat kami panen hasilnya . Air leri tersebut kami peroleh dari pemberian siswa-siswi yang sudah terjadwal. Yaitu pada bulan pertama untuk kelas 7 dan pada bulan ke 4 untuk kelas 8. Masing-masing siswa WAJIB membawa 1 botol Aqua ukuran 1 Liter yang berisi air leri.


4. Setelah pupuk kompos tersebut matang, lalu di gelar ditempat teduh agar tidak terkena air hujan. Penggelaran tersebut kami tempatkan di dalam rumah kompos . Cukup 1 hari penggelaran tersebut pupuk sudah matang.
Pupuk Kompos yang sudah matang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar